Sekilas Tentang NVIDIA 9100M G


Sekilas Tentang NVIDIA 9100M G


Nvidia GeForce 9100M G adalah Graphic Adapter  Card OnBoard untuk laptop (huruf M dan G pada seri ini mewakili Motherboard GPU / mGPU). Core atau inti dari VGA ini berdasar pada seri 9200 GS, tetapi tanpa dedicated memory (memory khusus untuk VGA tetapi diambil dari RAM).
Meskipun demikian, seri 9100M G memiliki dedicated Graphic Core tersendiri. Dalam kaitannya dengan Kartu Grafis seri 9x00M, seri 9100M G ini juga memiliki fitur GeForceBoost untuk meningkatkan performanya. Kombinasi antara 9200M GS/9300M GS disebut dengan GeForce 9400M.
Seri 9100M G telah terintegrasi dengan Video Prosesor VP3 yang baru ( Pada seri 8400M, 9300M G, masih versi VP2) dengan lebih banyak fitur video, dan memiliki support terhadap Decoding Video High Definition yang lebih baik.

Update 12 Jan 2009: Kunjungi juga papatome.wordpress.com untuk postingan lebih lanjut mengenai Acer Aspire 4530 lainnya.
Dalam kaitannya dengan seri 9200M GS/9300M GS,  Grafis terintegrasi dari seri 9100M G juga sudah support grafis “Hybrid-SLI” (HybridPower dan GeForceBoost). “HybridPower” adalah teknik untuk memilih antara core-grafis dedicated atau core-grafis terintegrasi, jika performa atau periode baterai yang lebih lama diperlukan. Fitur ini hanya bekerja pada Windows Vista.
Hingga saat ini, pengguna harus menggunakan peralatan (software) khusus untuk proses penggantian pada GPU-GPU. Nantinya pihak Nvidia menginginkan agar alat/tool ini sudah terintegrasi di dalam driver yang ada. GeForceBoost menggunakan Integrated Graphic Core yang ada di 9100M G dan dedicated Graphic Core pada 9200M / 9300M dalam mode SLI, untuk memperoleh frame-rates yang lebih baik.
# Hybrid SLI® Technology
Teknologi Hybrid SLI Nvidia menyajikan keuntungan Multi GPU ketika GPU motherboard Nvidia dikombinasikan dengan GPU terpisah dari Nvidia 9100M G. Dengan Geforce 9100M mGPU, keuntungan esensial dari teknologi ini adalah kemampuan untuk menambah performa grafis dengan GeForce Boost
#HybridPower™ Technology
Teknologi HybridPower melepas performa grafis ketika dibutuhkan, dan membiarkan anda mengganti “persneling” ke mode power yang lebih rendah, untuk memperpanjang umur baterai dan operasional yang lebih tidak berisik ketika kita tidak membutuhkan performa grafis tinggi. Hal ini mengurangi konsumsi tenaga sistem secara “dramatis” dan memperpanjang usia baterai hingga 20%
#GeForce Boost Technology
Teknologi GeForceBoost memperluas cakupan graphic-processing antara kedua GPU GeForce yang ada (GPU terpisah dengan GPU Motherboard) dalam Hybrid SLI Notebook, meningkatkan performa game hingga 80%.
# NVIDIA MediaShield™ Storage Technology
Teknologi Nvidia MediaShield menyediakan akses yang lebih mudah dan aman untuk aset data media digital anda, secara reliable dan dapat diukur. Dalam notebook dengan lebih dari satu Hard Drive, anda memiliki opsi untuk menyimpan data dalam kedua drive tersebut secara bersamaan, menyimpan backup dari seluruh data anda, atau anda bisa membuat jalur data antara kedua drive untuk performa muktahir.
# NVIDIA PowerMizer® System Extensions
Mikro-kontroler dedicated dari PowerMizer secara konstan memonitor aplikasi dan aktifitas perlengkapan yang ada ketika dibutuhkan, dan membuat perlengkapan tersebut dalam posisi “sleep” ketika tidak dipakai. Responsifitas microsecond menyediakan penghematan tenaga tanpa secara langsung mempengaruhi performa
Seperti seri 9200M GS, seri 9100M G memiliki fitur  8 Stream Processors yang melakukan pekerjaan dari “dedicated-pixel” dan “vertex-shader” seri yang terdahulu yang memakai fitur ini. Unified shaders dari Nvidia adalah 1-Dimensional (AMD memiliki 5-dimensional yang menghasilkan jumlah shader yang lebih tinggi).
Dibandingkan dengan seri 8400M G yang terdahulu, performa dari seri 9100M G mendekati sama / serupa. Direct X 10 yang lebih baru, berjalan pada detail dan resolusi yang rendah (untuk hasil yang lebih lancar). Untuk seri yang lebih lama: Direct X 9 misal pada game seperti “Half Life 2 “atau “Far Cry” bisa berjalan dengan lancar pada detail “Medium”.
Chipset seri 910M G ini seharusnya berjalan sama performanya dengan versi desktopnya: GeForce 9100 (tanpa embel-embel “M G”) chipset graphics.

Penulis : Mr.dwi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sekilas Tentang NVIDIA 9100M G ini dipublish oleh Mr.dwi pada hari Minggu, 14 Agustus 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sekilas Tentang NVIDIA 9100M G
 

0 komentar:

Posting Komentar